Got My Cursor @ 123Cursors.com
WELCOME TO MY BLOG

indonesia

search

Memuat...

Sabtu, 23 Oktober 2010

Pemuda dan Sumpah Pemuda

Pemuda dan Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. Oleh karena itu, tidak salah jika pemuda dan pemudi indonesia saat itu memasukkannya dalam sebuah janji yang kemudian diberi nama ‘Sumpah Pemuda’.Dan isinya sebagai berikut:

Kami putra dan putri indonesia mengaku bertumpah darah yang satu,tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia ,mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan,bahasa Indonesia

Jakarta ,28 oktober 1928
Lahirnya peristiwa Sumpah Pemuda merupakan sebuah proses dan hasil dari jerih payah perjuangan berbagai elemen pemuda yang ada di bangsa dan negara kita,sehingga sudah sepantasnya mendapatkan apresiasi yang positif.
Namun,seiring berjalannya waktu banyak sekali pemuda dan pemudi yang belum sadar akan pentingnya makna dari sumpah pemuda itu sendiri.Sebagai contoh, siswa sekarang lebih senang mengikuti ekstrakulikuler band,olahraga dan non akademik lainnya dari pada harus mengikuti kegiatan PBB atau mengikuti kegiatan karang taruna.Dan Saat upacara bendera berlangsung banyak sekali siswa yang kurang tertib dan kurang memaknainya dengan sungguh-sungguh.Padahal upacara bendera hanya dilaksanakan sekali dalam seminggu dan hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam.Kenyataan itu sangat bertolak belakang dengan apa yang selama ini di perjuangkan oleh para pemuda pada masa lampau.Mereka berjuang mati-matian hanya untuk mencapai satu kata yaitu “kemerdekaan” .
Begitu banyak persoalan yang membelit para pemuda hari ini. Mulai dari degradasi karakter, munculnya kembali perjuangan yang hanya bersifat kedaerahan, meredupnya kepemimpinan dan ketokohan, gersangnya kehidupan intelektual, dan semakin menurunya peran sosial di masyarakat .
Pemuda masa kini cenderung lebih mengutarakan perasaan dan emosinya tanpa ada pemikiran yang matang.Sehingga timbul rasa ingin menang sendiri yang berakibat kurangnya rasa toleransi.Hal itu terbukti dengan adanya perkumpulan suku yang tidak melibatkan suku-suku lainnya,Membedakan seseorang dari segi status sosial,kedudukannya,warna kulit serta agama yang dianut.
Kemudian meluapnya emosi tanpa pemikiran yg matang,mengakibatkan terjadinya perkelahian antar pelajar yang mengakibatkan munculnya rasa kebencian di antara mereka dan rasa ingin membalas dendam.Dengan munculnya hal tersebut di khawatirkan banyak pemuda yang mudah terpengaruh akan hal tersebut.
Semoga dengan bergulirnya reformasi dapat merubah banyak hal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perubahan itu juga hendaknya membuat kita menjadi lebih cerdas dan dinamis didalam membaca realitas zaman, termasuk pemuda tentunya sehingga akan lahir orang-orang baru dan cita-cita baru yang mampu memberikan perubahan menuju arah yang lebih baik kedepannya.
Maka yang sebenarnya perlu lebih dalam untuk kita perhatikan dan kita kaji adalah secara umum :
• Bagaiman memunculkan kembali semangat kebangsaan (nasionalis) kepada para pemuda masa kini yang tentunya juga dapat mengakomodir seluruh komponen pemuda yang ada di wilayah nusantara
• Semangat kebangsaan ( nasionalis ) sebagai solusi persoalan-persoalan yang ada di daerah
• Mempelajari lebih dalam tentang pemahaman mengenai semangat kebangsaan
• Jadikan keaneka ragaman menjadi sebuah kekuatan

2 komentar:

  1. semangat sumpah pemuda.............

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus